Others

MENGENAL EPROCUREMENT YANG SEGERA MELUNCUR DI WEBSITE PADI UMKM

MENGENAL EPROCUREMENT YANG SEGERA MELUNCUR DI WEBSITE PADI UMKM

Pengetahuan mengenai pengadaan barang dan jasa begitu banyak terutama mengenai eprocurement BUMN, e-procurement adalah proses pengadaan barang/jasa pemerintah yang pelaksanaannya dilakukan secara elektronik dan berbasis web/internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yang meliputi pelelangan umum secara elektronik yang diselenggarakan oleh Pusat Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), pengertian ini dikutip dari website resmi Kementerian Keuangan.

Eprocurement BUMN memiliki latar belakang yang dikutip dari website resmi Kemenkeu.go.id yaitu, Tuntutan masyarakat dalam memperoleh informasi seluas-luasnya mengenai pengadaan barang/jasa pemerintah, dan juga Penyelenggaraan pemerintah yang baik dan bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). Serta tujuan pasti dari eprocurement BUMN ini adalah Untuk menciptakan transparansi, efisiensi dan efektivitas serta akuntabilitas dalam pengadaan barang/jasa melalui media elektronik antara panitia dan penyedia jasa.

Eprocurement BUMN juga memiliki manfaat yaitu Mengurangi kontak fisik yang dapat menimbulkan risiko KKN baik antar Penyedia, maupun antar Penyedia dan PPK/Panitia, dan juga Membuat proses interaksi antara pengguna dan penyedia jasa, serta masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat serta Menghemat biaya operasional pengadaan baik dari sisi panitia maupun penyedia lalu Meningkatkan kontrol terhadap berbagai penyimpangan.

PaDi UMKM sebagai platform digital inisiasi BUMN yang diadakan untuk memajukan UMKM siap untuk meluncurkan bagian terbarunya yaitu eprocurement BUMN di website resminya. PaDi e-proc memiliki penjelasan bahwa PaDi eProcurement adalah solusi transformasi digital pengadaan BUMN untuk UMKM dengan menggunakan platform procurement 4.0.

Fasilitas eprocurement BUMN yang ada pada PaDi UMKM diadakan karena  Tingginya potensi UMKM dalam menjadi roda utama penggerak ekonomi bangsa di berbagai situasi ekonomi, membuat Kementerian BUMN dan seluruh BUMN bersinergi membangun platform yang dapat menggerakkan ekosistem UMKM secara digital dan sistematis dalam skala nasional berkelanjutan. Untuk itulah PaDi UMKM hadir. Pasar Digital (PaDi) UMKM dan fitur-fitur di dalamnya, didesain untuk meningkatkan kompetensi dan mengembangkan UMKM secara sistematis di era digital, pada skala nasional maupun global.

Eprocurement BUMN yang ada pada platform digital inisisasi BUMN ini menganjurkan para pelaku usaha untuk gunakan fitur ini karena, yang pertama Bentuk Komitmen BUMN untuk transparansi pengadaan Barang/jasa, lalu yang kedua Bentuk Komitmen BUMN untuk pengembangan UMKM, selanjutnya Kesempatan UMKM untuk berpartisipasi lebih banyak dalam pengadaan BUMN, berikutnya Akselerasi proses bisnis pengadaan BUMN hingga 40%, kemudian Peningkatan efisiensi biaya pengadaan Barang/jasa hingga 14%, lalu Bentuk Komitmen BUMN untuk transformasi digital menuju pengadaan modern, terakhir Analisis data pengadaan melalui Control Tower.

Eprocurement BUMN yang ada pada PaDi UMKM memiliki berbagai keuntungan, kemudahan serta transparansi untuk para penggunanya agar nyaman dalam melakukan transaksi dan menggunakan fitur terbaru berikut ini. Diharapkan PaDi UMKM terus berinovasi untuk memudahkan para pelaku usaha umkm di Indonesia agar terus bertransaksi dan menguntungkan kedua belah pihak.